Oleh: REZA AGUSTIAN | 11 Juni 2013

Bedanya Garansi Resmi dan Garansi Distributor (Terutama Blackberry)

label-garansi-blackberry

Sebelum saya menjelaskan perbedaan Garansi Resmi dan Garansi Distributor, ada baiknya terlebih dahulu saya memberikan sedikit pengertian apa itu Garansi
Menurut Wikipedia, Garansi atau lazim pula disebut warranty adalah surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu. Biasanya pelanggan sebagai pengguna terakhir dan penjual melengkapi pengisian data pada surat keterangan tersebut untuk kemudian dikirim ke produsen agar didaftarkan tanggal mulai periode garansi.Nah, Sekarang baru saya akan menjelaskan perbedaan Garansi Resmi dan Garansi Distributor, hal ini sangat penting bagi teman2 yang ingin membeli peralatan elektronik terutama handphone yang pastinya banyak pilihan dari Harga, Bentuk, Aplikasi, Warna termasuk Garansinya..

Garansi Resmi :
Blackberrry dikatakan mempunyai Garansi Resmi jika Blackberry tersebut mendapat garansi yang diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia), Di Indonesia RIM memberikan hak Garansi resmi kepada Operator ponsel di Indonesia seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat dan Smart dan Distributor yang bekerja sama dengan Brightpoint selaku Distributor Global Blackberry yaitu Teletama Artha Mandiri / TAM, Seluler Media Infotama / Selluler Shop dan PT. Comtech / Trikomsel Dari Operator dan Distributor inilah Blacberry baru bisa dikatakan bergaransi Resmi dari RIM karena ketentuan standard garansi Internasional RIM seperti penggantian unit baru bisa diberikan jika Unit BB baru yang diberikan PIN mengalami Suspended atau rusak karena kesalahan dari Pabrik. Jadi pemegang Garansi resmi Blackberry / BB dari RIM di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
Garansi RIM Operator : Telkomsel, Axis, XL , Tree, Indosat dan Smart
Garansi RIM Distributor : TAM, SS (Seluler Shop) dan Comtech (CTN / Trikomsel)
penjelasan tentang Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini dapat dipertanggung jawabkan karena dirilis secara resmi di website Blackberry Indonesia yaitu di (http://id.blackberry.com/bec/location.jsp). Sehingga jika ada penjual ponsel Blackberry menginformasikan yang berbeda anda dapat mengoreksinya.
Perbedaan Ponsel BB Garansi Resmi RIM Operator dan Garansi RIM Distributor adalah:
Ponsel BB garansi RIM operator penggunaannya dibatasi hanya satu operator / SIM card saja sehingga tidak dapat dipakai oleh operator lain kecuali sudah di unlock. Sedangkan Ponsel BB Garansi RIM Distributor bisa langsung dipakai oleh berbagai jenis operator ponsel seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat , Tree atau Smart
Ponsel BB garansi RIM operator hanya memiliki beberapa type ponsel BB tertentu saja tidak semua type dan biasanya jika ada model baru harus indent terlebih dahulu sedangkan untuk Garansi RIM Distributor semua type ponsel BB tersedia dan biasanya tidak perlu indent. Ponsel BB garansi RIM operator terdapat Logo operator pada Saat loading ponsel , logo operator pada body BB dan logo operator di kartu garansi sedangkan sedangkan untuk Garansi RIM Distributor logo Distibutor hanya terdapat di box, body dan kartu garansi saja. Ponsel BB garansi RIM operator jika rusak / bermasalah biasanya diganti baru karena lebih efektif, efisien dan membawa nama baik operator sedangkan ponsel Garansi RIM Distributor jika rusak biasanya diperbaiki jarang sekali yang diganti baru mesikpun ada juga Distibutor RIM yang mengganti unit baru tapi jarang sekali paling sering adalah diperbaiki / diservice oleh Service center Distributor ybs. Ponsel BB garansi RIM operator relatif lebih mahal dari Garansi RIM Distributor

B z10 32gb

Sedangkan persamaannya adalah :
Garansi PIN seumur hidup mencakup spare part dan service, aksesoris original, Box ponsel BB terdapat logo operator atau Distributor Resmi RIM ybs beserta ijin dari DirJenPosTel/ DJPT , Biasanya harganya relative lebih mahal dari garansi non Rim dan Garansi Toko, Lama Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini adalah 2 tahun.

Garansi tidak resmi RIM / Garansi Distributor
Garansi Distributor adalah garansi yang tidak standard dan diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia) tapi garansi ini hanya diberikan oleh Distributor yang memasukkan Blackberry ke Indonesia dan mempunyai ijin resmi dari Deparpostel untuk distribusi BB di Indonesia . Ketentuan garansi Internasional / standard RIM tidak berlaku untuk garansi distributor meskipun dijual resmi di Indonesia. Di Indonesia pemegang Garansi Distributor tidak resmi dari RIM dan memberikan garansi 2 tahun juga adalah Berrindo, Bless, Royal dll.
Blackberry garansi Non RIM tidak selalu jelek bahkan kadang –kadang kalo beruntung mendapat unit yang dibuat dari Canada dengan IMEI angka ke 7 dan 8 adalah 04 yaitu Negara pembuat Blacberry qualitas terbaik di dunia meskipun batrenya tidak original , untuk mengetahui Negara asal pembuat BB perlu dilakukan sedikit trik yaitu :
Ketik *#06# maka akan muncul IMEI 15 digit contoh : 123456 . 04. 1234567 maka digit ke 7 dan 8 yaitu 04 artinya adalah :
– 04 buatan Canada Limited dg qualitas terbaik di dunia rangking 1
– 00 buatan Finlandia qualitas sangat bagus rangking 1 – 2
– 03 buatan Perancis atau Canada qualitas paling baik rangking 3
– 08 atau 80 buatan Jerman qualitas Lumayan rangking 4
– 02 atau 20 buatan asia qualitas paling tidak lumayan alias jelek rangking 5
Garansi Distributor biasanya harganya lebih murah dari Garansi resmi RIM dan jika unit mengalami kerusakan jarang yang mendapat penggantian baru paling sering adalah perbaikan. Ciri lain yang paling sering terjadi adalah Batre baru tidak dijamin original meskipun ada juga yang mendapat batre original, dan garansi jelas bukan dari RIM tapi dari Distributor yang bersangkutan akan tetapi lamanya garansi sama dengan garansi resmi RIM yaitu 2 tahun .

Untuk tambahan, ada juga

Garansi Toko
Blackberry baru Garansi Toko biasanya hanya berani memberikan garansi PIN aman dan Unit tidak rusak paling lama 1 bulan, akan tetapi harganya paling murah dibanding dengan garansi lainnya, ciri khas Blackberry garansi toko bisanya adalah : Box dengan logo operator luarnegeri : Verizon, AT&tT dll atau tanpa Logo , BOX tidak rapi dan cetakan jelek. Asesoris seperti Charger dan Batre 80% adalah tidak original.

Mudah2an kita dan pemakai yang lain dapat lebih jeli untuk memilih alat elektronik yang digunakan, agar tidak merasa tertipu dengan janji2 manis penjual…
Semoga Bermanfaat…


Responses

  1. mana yg lebih baik antara garansi distributor ato resmi secara sah ?

    • Klo ditanya lebih baik, pasti saya memilih garansi resmi. Karena bisa diperbaiki dimana saja diseluruh indonesia…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: